7 Cara Bisnis On-line Tanpa Modal, Gampang Banget Patut Dicoba

Written by Songtan on July 31, 2020 in Wirausaha muda with no comments.

Mulailah dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor . Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital. Meskipun ide meluncurkan bisnis e-commerce sangat menarik, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Untuk berhasil, perlu adanya perencanaan yang matang untuk mencapai visi dan misi dari perusahaan. Ditambah lagi, market sudah memiliki trafik tinggi dan consumer yang banyak.

Bisnis online mulai banyak

Melalui PEN, UMKM terus didorong untuk berkembang dengan strategi yang tentu pada prakteknya menimbang berbagai hal terkait pandemi. Kondisi keuangan perusahaan ibarat nyawa penting dalam berbisnis. Jika kondisinya tidak sehat, maka sulit untuk menangkap peluang yang ada. Apalagi di tengah pandemi yang mana intensitas transaksi jauh lebih sedikit. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuatnya, Anda juga tak perlu khawatir karena saat ini banyak pihak lain yang menawarkan jasa pembuat konten untuk web site.

Namun kalau boleh saran, misal ada peluang untuk kerja dulu, lebih baik ambil kesempatan itu. Karena mas kan juga butuh makan, butuh biaya utk kehidupan sehari-hari, jadi setidaknya kita tidak merepotkan orang lain. Saya mau minta saran dari mas Aan, dari kami ber-6 hanya saya yang pengangguran. Ketika akses internet belum kunjung datang saya sempat menjadi PPK dan sudah sempat melakukan interview di salah satu perusahaan. Nah, proses inilah yang dilakukan oleh sistem, sehingga ketika si proprietor ingin jalan-jalan atau memutuskan tidak ingin aktif lagi di usaha yang sudah dia rintis, bisnis itu masih tetap bisa jalan. Memang, salah satu kunci sukses yang harus diasah untuk memulai suatu usaha untuk yang pertama kalinya, adalah mengasah kemampuan menjual kita.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan hal-hal yang tidak Anda temukan di media-media di atas. Dengan survei, Anda juga bisa meminta saran dan masukan dari calon konsumen secara langsung. Agar sekaligus membangun reputasi on-line Anda, selalu manfaatkan website pribadi untuk mendukungnya. Selain terlihat lebih profesional, akan menjadi branding yang penting untuk pengembangan usaha untuk jangka panjang. Untuk menjual tema tersebut, Anda bisa menggunakan marketplace seperti Themeforest atau Templatemonster.

Selanjutnya, Anda baru bisa mendapatkan konsumen yang ingin belajar topik tertentu. Selain itu, Anda perlu lebih jeli dalam memilih target pasar dan menyesuaikan tarif jasa yang dikenakan. Sejak tahun 2014 perempuan yang memakai nama beken Ceu Dewi bermukim di Jerman bersama suaminya yang bekewarganegaraan Jerman. Ia mengaku mulai rajin berdagang lewat on-line sejak wabah corona dan makin lama makin serius menekuni profesi ini. “Ceu Dewi sampai dijuluki pengusaha ‘micin’. Karena jualan Ceu Dewi cemilan, kerupuk-kerupuk, macam-macam ‘ciki’, yang susah didapat di Jerman ataupun Belanda,” ujarnya tertawa.

Untuk menghitung berapa pengeluaran selanjutnya berapa keuntungan yang akan diperoleh. Anggaran juga bisa memprediksi keuangan dari bisnis yang sedang dijalankan. Guna menunjang bisnis yang akan dilakukan, bisa dengan bergabung pada komunitas bisnis. Dalam memulai suatu bisnis tentu dibutuhkan rencana yang matang.

Satu hal yang harus diperhatikan oleh para makelar online adalah dalam hal penentuan harga produk/ jasa yang Anda jual. Sebaiknya jangan mengambil untung terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil karena ini menyangkut bisnis Anda jangka panjang dan juga rasa percaya dari klien. Ada banyak lho YouTuber yang menghasilkan uang dari konten video miliknya. Tidak tanggung-tanggung, penghasilan mereka puluhan juta hingga miliaran Rupiah per bulan. Biasanya pemasaran bisnis Jastip dilakukan melalui sosial media, seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan YouTube.

Comments are closed.